USG atau Ultrasonografi umumnya dilakukan untuk semua wanita hamil pada usia kehamilan 20 minggu. Selama USG ini, dokter akan mengevaluasi apakah plasenta melekat secara normal, dan bahwa bayi tumbuh dengan baik di dalam rahim. Detak jantung bayi dan gerakan tubuh, lengan, dan kakinya juga dapat dilihat pada USG.

Sonografi atau USG menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menghasilkan gambar real time dari berbagai organ tubuh. Ini juga menghasilkan gambar dari berbagai jaringan dan aliran darah dalam tubuh. Sonografi/ USG adalah salah satu tes diagnostik yang paling umum dan penting yang disarankan oleh dokter bersama dengan X-ray dan tes patologi lainnya.

Jika anda ingin mengetahui jenis kelamin bayi, biasanya dapat ditentukan pada usia 20 minggu. Pastikan untuk memberi tahu dokter ultrasound apakah anda ingin mengetahui jenis kelamin bayi atau tidak. Harap dipahami bahwa USG bukanlah metode yang sangat mudah untuk menentukan jenis kelamin bayi. Ada kemungkinan bahwa gambar USG ultrasound dapat disalahartikan.

Cek USG Ultrasonografi juga dapat dilakukan lebih awal pada kehamilan untuk menentukan:

  • Apakah ada lebih dari satu janin.
  • Tanggal jatuh tempo atau usia kehamilan (usia janin).
  • Kesehatan janin

Kemudian pada usia kehamilan 20 minggu, USG dapat digunakan untuk menentukan:

  • Jumlah cairan ketuban di sekitar bayi
  • Posisi bayi
  • Berat badan bayi yang diharapkan
  • Kelainan anatomi utama atau cacat lahir dapat muncul pada USG. Meskipun USG aman untuk ibu dan bayi, ini adalah tes yang harus dilakukan hanya jika diperlukan secara medis. Jika anda memiliki USG yang tidak diperlukan secara medis (misalnya, untuk sekadar melihat bayi atau mengetahui jenis kelamin bayi), perusahaan asuransi mungkin tidak membayar untuk USG tersebut.

Kehamilan Sehat (KS) merupakan klinik kehamilan dengan pelayanan terlengkap sejak tahun 2016. Tercatat selama kurun waktu kurang dari 5 tahun, KS telah melayani lebih dari 200.000 pasien persalinan, pemeriksaan kehamilan, program hamil, pemasangan IUD, juga menjalani aktivitas pelayanan farmasi & cek laboratorium.

Manfaat cek USG 4D

Ketimbang USG 2D dan 3D, USG 4D mampu menyajikan gambar bergerak, seperti video. Dengan begitu, ibu bisa melihat aktivitas janin secara lebih jelas. Misalnya, saat menguap, tersenyum, ataupun melakukan gerakan lainnya. Enggak cuma itu saja, ibu juga bisa kok melihat bagian tubuh janin secara lebih nyata.

Menurut dokter ahli, USG 4D lebih detail dan efektif ketimbang 2D. Misalnya, dalam melihat kelainan atau cacat lahir yang terjadi pada janin. Contohnya, bibir sumbing yang akan sulit terlihat pada USG standar atau 2D.

Berapa harga untuk cek USG di klinik Kehamilan Sehat?

Untuk harga berbeda-beda disetiap cabang klinik, namun rata-rata adalah berkisar antara 200Ribu s/d 300Ribu. Untuk lebih detailnya bisa langsung Klik disini

Apakah ada efek samping dari USG prenatal?

Penelitian telah menunjukkan USG tidak berbahaya. Tidak ada efek samping yang berbahaya bagi anda maupun pada bayi. Selain itu, USG tidak menggunakan radiasi, seperti tes sinar-X.

Persiapan Sebelum Test USG

Tidak ada persiapan khusus untuk tes USG. Beberapa dokter mengharuskan untuk minum 4 hingga 6 gelas air sebelum tes, sehingga kandung kemih penuh. Ini akan membantu dokter melihat bayi lebih baik pada USG. Anda akan diminta untuk menahan diri dari buang air kecil sampai setelah tes. Anda akan diizinkan untuk pergi ke kamar mandi tepat setelah tes selesai. Anda mungkin diminta untuk berganti pakaian rumah sakit.

Selama Test USG

Anda akan berbaring di atas meja pemeriksaan yang empuk selama tes. Sejumlah kecil gel yang larut dalam air dioleskan ke kulit di atas perut. Gel tidak membahayakan kulit atau menodai pakaian.

Perangkat kecil, yang disebut transduser, dioleskan dengan lembut pada kulit di perut. Transduser mengirimkan gelombang suara frekuensi tinggi ke dalam tubuh, yang memantulkan struktur internal, termasuk bayi didalamnya. Gelombang suara atau gema yang dipantulkan kembali diterima oleh transduser dan diubah menjadi gambar di layar. Gambar-gambar ini dapat dicetak.

Hampir tidak ada ketidaknyamanan selama tes. Jika kandung kemih penuh diperlukan untuk tes, anda mungkin merasa tidak nyaman saat probe diterapkan. Anda mungkin diminta menahan napas sebentar beberapa kali. Tes USG memakan waktu sekitar 30 menit untuk menyelesaikannya.

Setelah Test USG

Gel akan terhapus dari kulit anda. Kemudian dokter akan mendiskusikan hasil tes dengan. Tes ultrasound dilakukan oleh teknolog terdaftar dan terlatih khusus dan ditafsirkan oleh dokter bersertifikat.

Please rate this